Tetap Berenergi Di Siang Hari, Apa Rahasianya?


Siang hari merupakan waktu yang tidak disukai oleh sebagian besar pekerja. Hal ini karena perasaan lelah atau lesu mulai menghampiri mereka. Ini dikarenakan energi yang penuh sejak pagi hari,   perlahan mulai surut dan menurun saat siang hari sehingga mereka jadi lelah dan kurang bertenaga. Jika ini sudah terjadi, bawaannya cenderung merasa mengantuk dan malas sehingga membuat pekerjaannya terganggu.

Apakah anda termasuk yang mengalami hal tersebut? Jika ya, maka anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan agar anda tetap bertenaga, bahkan di siang hari. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Olahraga Di Pagi Hari
    Salah satu tips jitu untuk membuat anda tetap berenergi adalah dengan berolahraga di pagi hari. Olahraga di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat bagi anda. Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga yang dilakukan di pagi hari akan membantu menjaga energi tubuh anda tetap stabil selama seharian. Oleh sebab itu ada baiknya olahraga di pagi hari dijadwalkan secara rutin agar tubuh anda tetap prima.
  2. Berjalan-jalan
    Cobalah untuk berjalan-jalan setidaknya 10 menit saja kala jam istirahat datang. Berjalan-jalan akan membuat tubuh dan pikiran menjadi segar kembali. Setelah bekerja dan duduk seharian, berjalan-jalan di siang hari akan mengembalikan energi anda yang terkuras selama anda bekerja.
  3. Makan Lebih Ringan
    Hindari makan terlalu banyak atau makan makanan berat di siang hari. Hal tersebut dapat menyebabkan kantuk dan mendatangkan rasa malas. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang segar dan ringan seperti sayuran dan buah. Hindari juga junk food atau makanan cepat saji.
  4. Minum Teh Hijau
    Untuk mengembalikan energi, terkadang anda butuh sedikit kafein. Namun bila anda bukan peminum kopi, anda disarankan untuk minum teh hijau yang juga sama-sama mengandung kafein. Bahkan diketahui bahwa kafein dalam teh hijau akan lebih menyegarkan dan dapat membantu tubuh anda kembali berenergi tanpa harus mengakibatkan jitter seperti yang anda rasakan saat minum kopi.
  5. Regangkan Tubuh
    Lakukan beberapa gerakan sederhana atau peregangan tubuh di ruangan kerja anda untuk membuat anda lebih bertenaga dan bersemangat. Melakukan peregangan tubuh juga dapat membantu memperlancar aliran darah serta memberikan asupan oksigen ke otak. Sebagaimana diketahui, bahwa kekurangan oksigen dapat membuat anda mengantuk.
Itulah beberapa rahasia agar tetap berenergi di siang hari. mudah-mudahan artikel yang saya tulis kali ini tentang " Tetap Berenergi Di Siang Hari, Apa Rahasianya? " dapat bermanfaat bagi semua, terutama bagi pekerja yang suka menurun energinya saat siang hari.. akhir kata salam hangat dari penulis Coretan Tentang Kesehatan.

(Sumber : Lensasmaja14.blogspot.com)

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat

Coretan Tentang Kesehatan - Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat

Tepat sekali saya posting artikel tentang " Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat " pada hari sabtu - minggu waktunya weekend, setelah beberapa hari melaksanakan rutinitas pastinya tubuh menjadi lelah dan butuh refreshing. Tetapi dari pada liburan gak jelas mendingan weekend kita isi dengan hal-hal yang membuat tubuh kita sehat, karena sangat penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap bugar dan sehat.

Setiap orang mendambakan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Sehingga menjaga kesehatan tubuh itu sangatlah penting, Jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh kita maka otomatis tubuh akan mudah terserang penyakit dan ujung-ujungnya rumah sakitlah tujuan anda. Pola hidup sehat yang baik dan benarlah yang paling ampuh agar tubuh tetap bugar dan sehat sehingga terhindar dari segala penyakit.

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap kebugaran dan daya tahan tubuh anda, baik dalam melakukan aktivitas maupun dalam penyakit. Berikut beberapa Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat, diantaranya : 

  1. Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat yang pertama adalah dengan berfikiran positif / positive thingking. Didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat pula. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa, karena setiap masalah pasti ada solusinya.
  2. Kecapean setelah beaktivitas seharian merupakan salah satu faktor penyebab menurunnya daya tahan tubuh anda. Sehingga mengistirahatkan tubuh anda merupakan langkan yang sangat tepat agar tubuh anda kembali bugar dan tetap sehat.
  3. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga kebugaran dan kesehatan anda. Dalam hal ini anda harus tidur yang cukup dan berkualitas.
  4. Olahraga Pagi, usahakan setiap pagi anda melakukan olah raga pagi gak perlu yang susah-susah cukup melakukan gerakan-gerakan ringan namun mengeluarkan keringat dan mampu membakar kalori dengan cara yang menyenangkan.
  5. Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat seperti Buah Apel, Wortel, maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri jahat.
  6. Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan sehat yang satu ini sering disepelekan akan tetapi sangat berpengaruh terhadap kebugaran tubuh dan kesehatan tubuh. Kontrol porsi makan, makanlah dengan porsi sewajarnya jangan berlebihan. Dikhawatirkan tubuh anda akan mengalami obesitas dan juga mudah terkena penyakit.
  7. Penuhi kebutuhan Vitamin D, yang berfungsi untuk menstimulasi sel imun untuk mengahalau virus ataupun bakteri jahat. Vitamin D terdapat pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.
  8. Perbanyak mengkonsumsi air putih. Selain olahraga dan mengkonsumsi makan yang bergizi, anda juga perlu mengkonsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Konsumsi air putih yang dianjurkan oleh para ahli nutrisi adalah sekitar 8 gelas perhari.
  9. Hindari rokok dan minuman beralkohol, kebiasaan yang tidak sehat seperti sering merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol adalah penyebab tak bugar dan tak sehatnya tubuh anda. Apabila anda tidak menghentikan kebiasaan merokok anda maka zat racun dari rokok tersebut akan terus menerus menumpuk hingga mengganggu bahkan menggagalkan fungsi organ paru-paru. Minuman beralkohol juga menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis termasuk kanker. Rokok dan minuman beralkohol juga dapat menghambat untuk cepat hamil, jadi anda harus benar-benar menghinhdari 2 hal tadi.
  10. Tips lainnya untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat adalah dengan menghindari dan mencegah timbulnya stress. Tahukah anda kondisi kejiwaan yang stress akan ebrpengaruh terhadap kualitas kesehatan fisik tubuh anda. Jadi tak hanya kesehatan psikis saja yang terganggu, melainkan juga kesehatan fisik anda. Cara mencegah dan menghindari stress yaitu dengan refreshing dengan cara pergi berlibur, menyalurkan hobi, berkumpul bersama keluarga dan sahabat, mengurangi kuantitas kerja, melakukan yoga dsb.
  11. Nah tips yang terakhir adalah dengan "Tersenyum". Tersenyum merupakan Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat yang paling mudah dilakukan. Ini dikarenakan dengan kita tersenyum maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah anda, Hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli kesehatan.
Nah.. buat para sahabat Coretan Tentang Kesehatan, jangan lupa untuk melakukan beberapa " Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Dan Sehat " diatas sebagai langkah menuju pola hidup sehat. Jangan malas-malas untuk melakukan tips-tips diatas ya sahabat, karena manfaatnya kan buat diri sendiri juga jangan sampai menyesal dikemudian hari yaaa.. karena " Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati ".

(Sumber : duniainformasikesehatan.com, Tipssehatonline.web.id)

Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan

Coretan Tentang Kesehatan - Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan

Berhubung sebentar lagi akan masuk bulan suci ramadhan dan wajib bagi orang muslim untuk menjalankan ibdah puasa selama satu bulan penuh, kali ini Coretan Tentang Kesehatan akan berbagi sedikit ilmu tentang Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan karena biasanya masalah yang timbul saat puasa itu adalah masalah lambung dan membuat puasa kita menjadi tidak lancar.

Puasa adalah salah satu rukun islam yang ketiga dan harus dilaksanakan oleh umat islam yang telah balig. Puasa wajib dilaksanakan selama 30 hari saat bulan ramadhan, dan hanya boleh ditinggalkan jika anda dalam keadaan sakit, menstruasi, dan dalam perjalanan jauh (musafir). Itu pun dengan catatan anda harus menggantinya di luar bulan ramadahan sesuai dengan jumlah yang anda tinggalkan. Ini menunjukkan bahwa puasa ramadhan adalah salah satu kewajiban yang mengikat namun mempunyai toleransi bagi yang berhalangan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa bulan ramadhan akan segera tiba, dan tentunya kita harus menyambutnya dengan penuh rasa syukur dan suka cita karena di bulan inilah limpahan rahmat, nikmat, dan pahala akan diberikan kepada kita semua. Puasa memerlukan kekuatan hati (niat) dan tubuh yang prima karena saat berpuasa kita tidak diperbolehkan memasukkan segala sesuatu (makanan dan minuman) ke dalam tenggorokan, sehingga anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh anda.

Berikut Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan : 
  1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur
    Sebelum berpuasa umat islam dianjurkan untuk makan sahur sebelum imsak sebagai bekal berpuasa pada pagi hari sampai maghrib. Jika anda ingin puasa anda tetap lancar dan tidak lemas, saat sahur konsumsilah makanan-makanan yang mengandung gizi dan vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral. Contohnya adalah makanan yang berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan. Makanan yang berserat mampu menahan lapar lebih lama karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Selain itu makanlah nasi (karbohidrat) namun dalam porsi yang sedang saja, jangan sampai terlalu kenyang. Bagi penderita masalah lambung seperti maag jangan lupa untuk meminum Obat Maag saat sahur.
  2. Minum yang cukup
    Kebutuhan tubuh akan air adalah 2 liter air dalam satu hari. Itu artinya anda setidaknya harus minum air  putih sebanyak 2 liter dalam sehari agar tubuh tidak dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air (dehidrasi) maka tubuh akan menjadi lemas dan aliran oksigen ke tubuh tidak lancar. Begitu juga sebaliknya jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi maka anda akan tetap bugar saat berpuasa dan tidak mengganggu aktivitas anda.
  3. Hindari tidur setelah sahur
    Langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas. Karenanya proses pencernaan berjalan lebih cepat saat tidur sehingga anda akan merasa lapar ketika bangun.
  4. Melakukan aktivitas
    Aktivitas akan merangsang otak mengeluarkan hormon katekolamin yang berfungsi mengurangi asam lambung dan enzim pencernaan, mengurangi gerak usus, serta menghancurkan cadangan glikogen dan lemak. Hormon ini juga menyebabkan pankreas memproduksi insulin matang yang membuat kadar gula darah dalam keadaan normal.
  5. Hindari stress
    Stress akan memacu metabolisme sehingga asam lambung meningkat yang menyebabkan kerusakan dinding lambung. Hindari stress dengan banyak beribadah.
  6. Tidur di awal siang
    Mengapa saat berpuasa kita sering merasa kantuk? Karena kalori dalam tubuh berkurang saat berpuasa sehingga tubuh menjadi lemas dan lebih mudah mengantuk. Tetapi tidur siang saat berpuasa selain sunah juga mempunyai manfaat bagi anda. Dengan tidur di awal siang (setelah zuhur) selama 1-2 jam akan mampu mengumpulkan tenaga/energi dalam tubuh. Namun jangan sampai anda tidur secara berlebihan karena justru akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.
  7. Menyegerakan saat berbuka
    Segera berbuka saat adzan maghrib tiba karena perut anda sudah kosong beberapa jam yang lalu. Santap minuman manis dan hangat, kemudian makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung.
  8. Jangan langsung makan besar saat berbuka puasa
    Yang dimaksud makanan besar di sini adalah nasi (karbohidrat). Saat berbuka puasa anda sebaiknya jangan langsung makan besar, karena lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah salat tarawih.
  9. Konsumsi obat secara teratur
    Jadwal konsumsi Obat Maag bisa anda rubah menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Ada baiknya anda mencoba konsumsi obat herbal seperti Jelly Gamat Gold-G agar tidak mengganggu fungsi ginjal.
Adapun makanan atau minuman yang harus kita hindari saat kita menjalankan ibadah puasa demi kelancaran ibadah kita dan kesehatan tubuh kita, diantaranya : 
  • Kopi
  • Makanan pedas dan asam
  • Makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak sulit dicerna sehingga membebani lambung.
  • Makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis, dan kacang-kacangan karena bias membuat kembung.
  • Minuman beralkohol
  • Cokelat dan keju
  • Merica
Makanan-makanan diatas menyebabkan peningkatan asam lambung dan melukai dinding lambung. Jadi, sebaiknya hindari makanan tersebut baik saat puasa maupun tidak. Nah, sekarang saatnya kita  mempraktekkan puasa sehat. Awali dengan niat ikhlas untuk beribadah, iringi dengan usaha agar tetap sehat dan nikmati hasilnya di dunia dan akhirat. Mudah-mudahan artikel yang saya tulis " Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan " ini sangat bermanfaat.

(Sumber : Wikipedia , Kaskus)

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata


Coretan tentang kesehatan kali ini akan membahas tentang " Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata ". Mata adalah organ tubuh pada diri manusia yang sangat vital sekali, karena fungsinya adalah untuk indra pengelihatan, dimana diciptakannya mata untuk melihat hal hal yang sangat indah di dunia ini.

Untuk itulah, memiliki mata yang sehat merupakan dambaan semua orang. Namun banyak dari anda sekalian kurang menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah seringnya membiasakan hal-hal yang buruk maka akan menyababkan berkurangnya kualitas mata anda.

Apa saja hal buruk yang dapat membuat mata anda menjadi rusak? Simak info berikut, dengan demikian anda dapat menghindari beberapa tindakan yang dapat merusak mata anda ini, dengan demikian anda akan mendapatkan mata yang tetap sehat dan indah.

Inilah Beberapa Hal Buruk Yang Dapat Membuat Mata  Menjadi Rusak : 

  • Berlama-lama Didepan Layar Monitor
    Berlama-lama di depan layar monitor seperti computer, laptop, notebook dan sebagainya membuat mata akan merasa mudah lelah, dan jika hal tersebut dibiasakan dan tidak segera diatasi, maka hal ini akan menjadi pemicu rusaknya mata anda. untuk mengatasinya, anda dapat mengurangi intensitas cahaya dari monitor sehingga tidak begitu terang dan tidak mudah merusak mata anda.
  • Akibat Paparan Sinar UV yang Mengenai Mata
    Paparan sinar UV yang mengenai langsung kontak mata anda akan membuat mata terasa sakit, dan hal ini menjadi penyebab rusaknya maka anda karena ketika mata melihat sinar matahari yang begitu cerahnya maka membuat mata terasa sakit. Jadi, untuk melihat matahari yang begitu terik secara langsung maka anda dapat menggunakan pelapis khusus seperti kaca mata atau alat lainnya.
  • Menonton TV Terlalu Lama Dengan Jarak Yang Terlalu Dekat
    TV memiliki beragam jenis warna mulai dari yang soft hingga yang mencolok, dan hal inilah yang membuat mata sangat mudah lelah terlebih ketika melihatnya dalam jarak yang dekat.
  • Membaca Buku Sambil Tidur
    Ketika anda membaca buku, maka sebaiknya hindari membaca buku dengan posisi tidur karena hal ini juga dapat memicu rusaknya mata anda. 
Masih banyak lagi hal hal lainnya yang dapat merusak mata anda, maka dari itu anda harus benar benar merawat mata anda baik-baik. Jika anda sudah memiliki mata yang rusak, maka anda dapat mengatasinya dengan mengubah beberapa kebiasaan buruk anda.

Nah disini Coretan tentang kesehatan akan sedikit membantu sahabat memberikan tips-tips untuk menjaga kesehatan mata dalam artikel ini yang berjudul " Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata " . Berikut adalah tips nya : 

  1. Untuk anda sekalian yang masih pelajar dan sangat menggilai rutinitas belajar seperti  membaca atau menulis. Maka sebaiknya anda usahakan membiasakan diri anda dengan mengatur jarak ideal anda. Jarak ideal yang di maksud adalah jarak antara objek dan juga mata berkisar 30 cm. Hal ini di lakukan untuk menghidarkan anda dari kerabunan dini seperti miopi atau rabun dekat.
  2. Ingat biasakan menggunakan posisi yang paling tepat, ketika anda sedang membaca buku. Dan hidari kebiasaan buruk yang satu ini yakni membaca sambil tiduran. Karena ini akan memberikan dampak yang sangat buruk sekali terhadap mata anda, seperti  terjadinya rabun dekat.
  3. Usahakan pada saat membaca atau melihat objek sebaiknya menggunakan penerangan seperti lampu, karena dengan minimnya penerangan maka akan menggangu kesehatan mata anda. Karena pada situasi ini mata di paksa untuk bekerja lebih keras.
  4. Biasakan mengistirahatkan mata setelah mata di porsi dalam urusan pekerjaan atau seringnya anda menatap layar monitor, karena layar monitor memiliki radiasi yang cukup berbahaya. Nah anda juga jangan lupa untuk mengistirahatkan mata anda ya.
  5. Hindari membiasakan tangan anda mengucek mata anda secara langsung, karena tangan adalah sarangnya kuman dan penyakit. Jika hal tersebut di lakukan oleh anda maka di mungkinkan hal hal negative tersebut akan menempel dan berpindah pada mata anda.
  6. Upayakan anda untuk terus memberikan tambahan kedipan mata, karena dengan upaya satu ini akan membantu memberikan manfaat yang baik setelah anda terlalu focus dengan pekerjaan anda.
  7. Upayakan perbanyak makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Seperti contohnya wortel yang mana jenis makanan ini tinggi akan Sumber Vitamin A yang aman sangat di butuhkan sekali untuk menjaga kesehatan mata anda ini.
  8. Hindari merokok dan juga minum minuman keras, dua kebiasan ini akan sangat berbahaya sekali karena dalam banyak study mengatakan bahwa merokok dapat memberikan potensi yang sanat besar untuk anda mengalami berbagai gangguan  dan penyakit mata.
  9. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari, sinar matagari yang panas ternyata dapat juga merusak kesehatan mata. Untuk itulah tips cara menjaga kesehatan mata maka tidak ada salah jika anda  mengenakan kaca mata, agar dapat melindungi mata anda tersebut.
Begitu pentingnya menjaga kesehatan mata, karena jika mata kita tidak sehat maka akan ada banyak sekali aktivitas yang tertunda. Sahabat coretan tentang kesehatan segeralah ubah kebiasaan buruk anda yang dapat menyebabkan mata sahabat rusak dengan melakukan pola hidup sehat. Mudah-mudahan artikel tentang " Pentingya Menjaga Kesehatan Mata " ini bermanfaat bukan hanya bagi sahabat tapi juga untuk semuanya. Akhir kata, salam hangat dari penulis.

(Sumber : Wikipedia, Married Cat Couple)

Tips Mudah Menjaga Tulang Tetap Sehat


Bismillahirahmanirahiim.. Oke guys pada postingan pertama ini saya akan mengulas tentang tips menjaga tulang tetap sehat. Menjaga agar tubuh tetap sehat merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan. Dalam hal ini melakukan berbagai usaha maupun cara agar tetap dalam kondisi yang selalu sehat. Meskipun terkadang kita tidak mampu menghindari yang namanya sakit.Salah satu hal yang harus kita jaga kesehatannya yaitu tulang kita.

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka berdampak pada kesehatan tulang pada tubuhnya. Salah satu masalah kesehatan tulang yang mungkin tidak asing bagi kita yaitu osteoporosis. Osteoporosis merupakan berkurangnya kepadatan pada tulang dan dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Gangguan kesehatan Osteoporosis selalu mengintai manusia sewaktu usia diatas 50 tahun. Setidaknya 1 dari 4 pria dan 1 dari 2 wanita yang berusia diatas 50 tahun rentan terhadap patah tulang karena osteoporosis. Namun kondisi ini dapat dicegah dengan beberapa cara yang mungkin dapat anda coba. Coretan tentang kesehatan kali ini akan menyajikan sebuah bahasan yang mungkin sangat bermanfaat untuk anda agar dapat menjaga tulang anda tetap sehat.

Sahabat coretan tentang kesehatan, Berikut ini tips mudah menjaga tulang tetap sehat :  
  1. Tips yang pertama, yaitu menghindari berbagai minuman yang dapat mengakibatkan kandungan kalsium pada tulang berkurang. Salah satu minuman yang dimaksud yaitu minuman yang bersoda atau mengandung soda.
  2. Mencukupi kebutuhan Vitamin D yang sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Vitamin D ini dapat anda peroleh dari sayur-sayuran yang bewarna hijau serta brokoli.
  3. Minum susu merupakan salah satu tips mudah menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kandungan susu yang sangat dibutuhkan  oleh tulang kita seperti kalsium, vitamin D, protein, fosfor serta kalium.
  4. Rutin berolahraga merupakan salah satu tips  mudah menjaga kesehatan tulang anda. Dalam hal ini berjalan atau berlari di pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan berolahraga dapat menguatkan semua otot dan tulang anda.
  5. Dengan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang mungkin anda lakukan yang dapat menganggu kesehatan tulang anda. Dalam hal ini merokok dan minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat  menurunkan massa tulang anda.
  6. Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D untuk kebutuhan tulang anda. Berjemur pada sinar matahari di pagi hari selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D pada kulit anda.
  7. Mengkonsumsi bawang merah dan bawang  putih merupakan salah tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kedua bumbu dapur tersebut banyak mengandung zat belerang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang anda.
  8. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi, obat-obatan tertentu dapat memicu risiko patah tulang, sangat dianjurkan untuk segera memberi tahu dokter obat apa saja yang sering dikonsumsi. Termasuk penggunaan obat steroid jangka panjang dan obat-obatan anti kejang. Sebaiknya juga menanyakan kepada dokter apakah obat pembangun tulang dapat membantu menahan efek merusak dari obat-obat lain yang dikonsumsi.
  9. Melakukan tes kepadatan tulang dengan mesin yang sama setiap kali, Nathan Wei, MD, seorang rheumatologist di Frederick, Maryland mengatakan “Kepadatan tulang hasil test dapat bervariasi dari mesin ke mesin, jadi jika memungkinkan sebaiknya tes kepadatan tulang dilakukan pada lokasi dan mesin yang sama setiap kali, untuk memastikan hasil yang seragam,”.
Itulah beberapa tips mudah menjaga tulang tetap sehat, dalam menjaga kesehatan tulang intinya kita harus melakukan pola hidup yang sehat. Semoga coretan tentang kesehatan yang berjudul tips mudah menjaga tulang tetap sehat ini dapat bermanfaat bagi anda. Akhir kata, salam hangat dari penulis.

(Sumber : Wikipedia, Tips Kesehatan)

Like Fans Page

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.