Home » » Tips Mudah Menjaga Tulang Tetap Sehat

Tips Mudah Menjaga Tulang Tetap Sehat


Bismillahirahmanirahiim.. Oke guys pada postingan pertama ini saya akan mengulas tentang tips menjaga tulang tetap sehat. Menjaga agar tubuh tetap sehat merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan. Dalam hal ini melakukan berbagai usaha maupun cara agar tetap dalam kondisi yang selalu sehat. Meskipun terkadang kita tidak mampu menghindari yang namanya sakit.Salah satu hal yang harus kita jaga kesehatannya yaitu tulang kita.

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka berdampak pada kesehatan tulang pada tubuhnya. Salah satu masalah kesehatan tulang yang mungkin tidak asing bagi kita yaitu osteoporosis. Osteoporosis merupakan berkurangnya kepadatan pada tulang dan dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Gangguan kesehatan Osteoporosis selalu mengintai manusia sewaktu usia diatas 50 tahun. Setidaknya 1 dari 4 pria dan 1 dari 2 wanita yang berusia diatas 50 tahun rentan terhadap patah tulang karena osteoporosis. Namun kondisi ini dapat dicegah dengan beberapa cara yang mungkin dapat anda coba. Coretan tentang kesehatan kali ini akan menyajikan sebuah bahasan yang mungkin sangat bermanfaat untuk anda agar dapat menjaga tulang anda tetap sehat.

Sahabat coretan tentang kesehatan, Berikut ini tips mudah menjaga tulang tetap sehat :  
  1. Tips yang pertama, yaitu menghindari berbagai minuman yang dapat mengakibatkan kandungan kalsium pada tulang berkurang. Salah satu minuman yang dimaksud yaitu minuman yang bersoda atau mengandung soda.
  2. Mencukupi kebutuhan Vitamin D yang sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Vitamin D ini dapat anda peroleh dari sayur-sayuran yang bewarna hijau serta brokoli.
  3. Minum susu merupakan salah satu tips mudah menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kandungan susu yang sangat dibutuhkan  oleh tulang kita seperti kalsium, vitamin D, protein, fosfor serta kalium.
  4. Rutin berolahraga merupakan salah satu tips  mudah menjaga kesehatan tulang anda. Dalam hal ini berjalan atau berlari di pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan berolahraga dapat menguatkan semua otot dan tulang anda.
  5. Dengan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang mungkin anda lakukan yang dapat menganggu kesehatan tulang anda. Dalam hal ini merokok dan minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat  menurunkan massa tulang anda.
  6. Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D untuk kebutuhan tulang anda. Berjemur pada sinar matahari di pagi hari selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D pada kulit anda.
  7. Mengkonsumsi bawang merah dan bawang  putih merupakan salah tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kedua bumbu dapur tersebut banyak mengandung zat belerang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang anda.
  8. Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi, obat-obatan tertentu dapat memicu risiko patah tulang, sangat dianjurkan untuk segera memberi tahu dokter obat apa saja yang sering dikonsumsi. Termasuk penggunaan obat steroid jangka panjang dan obat-obatan anti kejang. Sebaiknya juga menanyakan kepada dokter apakah obat pembangun tulang dapat membantu menahan efek merusak dari obat-obat lain yang dikonsumsi.
  9. Melakukan tes kepadatan tulang dengan mesin yang sama setiap kali, Nathan Wei, MD, seorang rheumatologist di Frederick, Maryland mengatakan “Kepadatan tulang hasil test dapat bervariasi dari mesin ke mesin, jadi jika memungkinkan sebaiknya tes kepadatan tulang dilakukan pada lokasi dan mesin yang sama setiap kali, untuk memastikan hasil yang seragam,”.
Itulah beberapa tips mudah menjaga tulang tetap sehat, dalam menjaga kesehatan tulang intinya kita harus melakukan pola hidup yang sehat. Semoga coretan tentang kesehatan yang berjudul tips mudah menjaga tulang tetap sehat ini dapat bermanfaat bagi anda. Akhir kata, salam hangat dari penulis.

(Sumber : Wikipedia, Tips Kesehatan)

13 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. semoga saja tulangku juga kuat dan sehat..makasih udah berkunjung di http://antodisini.blogdetik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aamiin ya rabbal'alamiin.

      terimakasih kembali

      Hapus
  3. maksih sekali mbak atas artikelnya, semoga kita tetap sehat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama.
      aamiin ya rabbal'alamiin

      Hapus
  4. banyak juga yah tipsnya mumpung masih muda nih harus dirawat biar kuat sampai tua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya siip mas, mmpung masih muda ya mas :)

      Hapus
  5. huhuh.saya kebanyakan duduk ni :( asik dpan komputer aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ppa mas, yang penting pola hidup kita harus sehat.
      harus banyak minum air putih dan sering berolahraga. seperti itu..

      Hapus
  6. Artikel yang bermanfaat. Semoga kita selalu dalam kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya rabbal'alamiin.
      terimakasih :)

      Hapus
  7. Terima Kasih Mba sudah berbagi informasi ini, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat sekali, salam sehat

    my site : Jelly Gamat Solo

    BalasHapus

Like Fans Page

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.