Home » » Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan

Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan

Coretan Tentang Kesehatan - Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan

Berhubung sebentar lagi akan masuk bulan suci ramadhan dan wajib bagi orang muslim untuk menjalankan ibdah puasa selama satu bulan penuh, kali ini Coretan Tentang Kesehatan akan berbagi sedikit ilmu tentang Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan karena biasanya masalah yang timbul saat puasa itu adalah masalah lambung dan membuat puasa kita menjadi tidak lancar.

Puasa adalah salah satu rukun islam yang ketiga dan harus dilaksanakan oleh umat islam yang telah balig. Puasa wajib dilaksanakan selama 30 hari saat bulan ramadhan, dan hanya boleh ditinggalkan jika anda dalam keadaan sakit, menstruasi, dan dalam perjalanan jauh (musafir). Itu pun dengan catatan anda harus menggantinya di luar bulan ramadahan sesuai dengan jumlah yang anda tinggalkan. Ini menunjukkan bahwa puasa ramadhan adalah salah satu kewajiban yang mengikat namun mempunyai toleransi bagi yang berhalangan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa bulan ramadhan akan segera tiba, dan tentunya kita harus menyambutnya dengan penuh rasa syukur dan suka cita karena di bulan inilah limpahan rahmat, nikmat, dan pahala akan diberikan kepada kita semua. Puasa memerlukan kekuatan hati (niat) dan tubuh yang prima karena saat berpuasa kita tidak diperbolehkan memasukkan segala sesuatu (makanan dan minuman) ke dalam tenggorokan, sehingga anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh anda.

Berikut Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan : 
  1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur
    Sebelum berpuasa umat islam dianjurkan untuk makan sahur sebelum imsak sebagai bekal berpuasa pada pagi hari sampai maghrib. Jika anda ingin puasa anda tetap lancar dan tidak lemas, saat sahur konsumsilah makanan-makanan yang mengandung gizi dan vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral. Contohnya adalah makanan yang berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan. Makanan yang berserat mampu menahan lapar lebih lama karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Selain itu makanlah nasi (karbohidrat) namun dalam porsi yang sedang saja, jangan sampai terlalu kenyang. Bagi penderita masalah lambung seperti maag jangan lupa untuk meminum Obat Maag saat sahur.
  2. Minum yang cukup
    Kebutuhan tubuh akan air adalah 2 liter air dalam satu hari. Itu artinya anda setidaknya harus minum air  putih sebanyak 2 liter dalam sehari agar tubuh tidak dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air (dehidrasi) maka tubuh akan menjadi lemas dan aliran oksigen ke tubuh tidak lancar. Begitu juga sebaliknya jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi maka anda akan tetap bugar saat berpuasa dan tidak mengganggu aktivitas anda.
  3. Hindari tidur setelah sahur
    Langsung tidur setelah makan bisa meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas. Karenanya proses pencernaan berjalan lebih cepat saat tidur sehingga anda akan merasa lapar ketika bangun.
  4. Melakukan aktivitas
    Aktivitas akan merangsang otak mengeluarkan hormon katekolamin yang berfungsi mengurangi asam lambung dan enzim pencernaan, mengurangi gerak usus, serta menghancurkan cadangan glikogen dan lemak. Hormon ini juga menyebabkan pankreas memproduksi insulin matang yang membuat kadar gula darah dalam keadaan normal.
  5. Hindari stress
    Stress akan memacu metabolisme sehingga asam lambung meningkat yang menyebabkan kerusakan dinding lambung. Hindari stress dengan banyak beribadah.
  6. Tidur di awal siang
    Mengapa saat berpuasa kita sering merasa kantuk? Karena kalori dalam tubuh berkurang saat berpuasa sehingga tubuh menjadi lemas dan lebih mudah mengantuk. Tetapi tidur siang saat berpuasa selain sunah juga mempunyai manfaat bagi anda. Dengan tidur di awal siang (setelah zuhur) selama 1-2 jam akan mampu mengumpulkan tenaga/energi dalam tubuh. Namun jangan sampai anda tidur secara berlebihan karena justru akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.
  7. Menyegerakan saat berbuka
    Segera berbuka saat adzan maghrib tiba karena perut anda sudah kosong beberapa jam yang lalu. Santap minuman manis dan hangat, kemudian makan makanan ringan yang manis seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung.
  8. Jangan langsung makan besar saat berbuka puasa
    Yang dimaksud makanan besar di sini adalah nasi (karbohidrat). Saat berbuka puasa anda sebaiknya jangan langsung makan besar, karena lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah salat tarawih.
  9. Konsumsi obat secara teratur
    Jadwal konsumsi Obat Maag bisa anda rubah menjadi saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Ada baiknya anda mencoba konsumsi obat herbal seperti Jelly Gamat Gold-G agar tidak mengganggu fungsi ginjal.
Adapun makanan atau minuman yang harus kita hindari saat kita menjalankan ibadah puasa demi kelancaran ibadah kita dan kesehatan tubuh kita, diantaranya : 
  • Kopi
  • Makanan pedas dan asam
  • Makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak sulit dicerna sehingga membebani lambung.
  • Makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis, dan kacang-kacangan karena bias membuat kembung.
  • Minuman beralkohol
  • Cokelat dan keju
  • Merica
Makanan-makanan diatas menyebabkan peningkatan asam lambung dan melukai dinding lambung. Jadi, sebaiknya hindari makanan tersebut baik saat puasa maupun tidak. Nah, sekarang saatnya kita  mempraktekkan puasa sehat. Awali dengan niat ikhlas untuk beribadah, iringi dengan usaha agar tetap sehat dan nikmati hasilnya di dunia dan akhirat. Mudah-mudahan artikel yang saya tulis " Tips Lambung Sehat Saat Puasa Ramadhan " ini sangat bermanfaat.

(Sumber : Wikipedia , Kaskus)

10 komentar:

  1. Lambung ternyata sangat penting dan termasuk salah satu organ tubuh Manusia yang sangat penting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong pak, lambung juga penting untuk dijaga kesehatan nya, kalau lambung kita sakit pasti lah banyak aktivitas kita yang terganggu :)

      Hapus
  2. Mantap, postingan yang bermanfaat karena sebentar lagi menyambut ramadhan.
    Terima kasih telah berbagi, salam!

    BalasHapus
  3. artikelnya bermanfaat gan, salam sehat
    http://goo.gl/AX4qAK

    BalasHapus
  4. Puasa Beberapa orang yang biasanya punya masalah lambung bahkan jadi enakan dengan berpusa. asal semua dilakukan sewajarnya tanpa berlebih lebihan pastilah aman aman saja dan beberapa tip di atas memang sangat bermanfaat untuk di terapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget pak, dengan berpuasa biasanya akan menyembuhkan masalah lambung.. tapi biasanya ketika di awal" masalah lambung akan terasa sedikit parah karena belum terbiasa.. biasanya itu hanya berjalan sekitar 1 minggu di awal puasa :)
      terimakasih pak telah berkunjung diwebsite kami ..

      Hapus
  5. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    http://obatasliindonesia.com/obat-herbal-penyakit-laringitis/

    BalasHapus
  6. Tips yang sangat bagus dan bermanfaat sekali. terima kasih infonya.

    my site : Jelly Gamat Ungaran

    BalasHapus

Like Fans Page

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.